February 18, 2016

[RESTO REVIEW] - RM Surya, Bendungan Hilir

Hai.

Singkat cerita, gara-gara Dendeng Batokok Dago (baca postingan sebelumnya) aku jadi keranjingan makan Dendeng Batokok. Kebetulan suatu hari di awal tahun 2016 ini, ada kesempatan aku mendekam di sebuah hotel bintang lima di kawasan Sudirman, Jakarta; karena mendekam dan sering lapar siang-siang, akhirnya aku liat-liat di Go Food mana tau ada resto enak di daerah sekitar situ. Ternyata di BenHil (Bendungan Hilir) tuh banyak banget makanan yang review nya bagus-bagus, salah satunya RM Surya, salah satu rumah makan padang terfavorit (kata review orang) di Jakarta. Yak karena lagi demam dendeng batokok, akhirnya saat itu aku delivery Dendeng Batokok-nya RM Surya. Sesaat kemudian, seorang driver Gojek mengantarkan nasi bungkus padang itu ke hotel...

Kebuyatakan yang Nyata
Banyak orang yang suka makan padang dibungkus soalnya katanya nasinya lebih banyak; tapi kalo aku personally males dibungkus karena buyatak alias acak-acakkan. Sambelnya ya ngilang ditelen nasi, sayurnya ya ngga dipisah jadi campur aduk rasanya. Terlepas dari keberantakkan nasi padang, aku di sini mau review batokoknya; hanya ada satu kata yang menggambarkan Dendeng Batokok RM Surya: ASIN! Dagingnya sih gede dan harganya lumayan (Rp 22.000 seporsi pake nasi), tapi mungkin yang masaknya kebelet dikawinin?? Asin bangetttss... Akhirnya bumbunya aku pinggirin untuk mengurangi rasa asinnya.

Setelah Dendeng Batokok yang terlalu asin, rupanya aku masih belum kapok nyobain RM Surya lagi. Alasannya sih sederhana, kalo denger review katanya yang top nya memang bukan dendengnya. Beberapa minggu setelah dendeng asin itu, akupun makan Surya lagi, tapi kali ini ngga dibungkus, alias langsung ke tempatnya. Ini beberapa foto-fotonya (kali itu niat sampe bawa SLR haha).

Sate Padang

Soto Padang (Paru)

Menu lainnya

Saat kedatangan hari itu yang dipesen cuman Soto Padang (Paru) dan Sate Padang, mari dibahas satu-satu!
1. Soto Padang (Paru)
Ini soto padangnya sumpah ENAK pake banget! Kuahnya bening-bening kaya akan bumbu, ada soun dan potongan perkedel kentang di dalamnya alamaaakkk... Belum lagi potongan parunya gurih dan banyak, bikin makan tambah semangat. Sebenernya dikasih sambelnya kayak sambel ayam pop gitu, tapi aku lebih suka makan si soto ini bening-bening. Yang paling bikin happy sih karena ngga semua resto padang sedia menu soto padang, dan terakhir kali makan soto padang tuh udah berapa tahun yang lalu, dan ini sekalinya pesen soto padang dapet jackpot! Suer harus pada cobain! Kalo ngga doyan paru bisa diganti daging atau bisa dicampur juga daging dan paru kok. Harganya seporsi 26.000 aja, worth the price.

2. Sate Padang
Ada dua aliran sate padang menurut aku (sotoy); yang bumbunya coklat, dan bumbunya kuning. Yang di RM Surya ini kebetulan yang bumbunya kuning. Aku sih ngga ada preferensi khusus asalkan enak, dan yang di RM Surya ini kebetulan juga SUPER MAKNYUS. Aku bisa katakan selevel sama Sate Padang Ajo Ramon Pasar Santa yang terkenal itu. Dagingnya gede-gede, bumbunya ngga terlalu pedes tapi pas, salah satu makanan favorit deh pokoknya. Harganya sekitar 28.000 per porsi.

Dua kali menjajal RM Surya rasanya tak cukup...Hingga akhirnya minggu lalu sekali lagi aku mampir ke resto padang ngeunah tersebut. Kali itu aku mencoba menu yang dibilang seluruh review di internet sebagai 'must try' nya RM Surya: Rendang. Sayang karena super lapar aku ngga sempat moto si rendang, tapi berikut pendapat aku tentang si rendang:

Awalnya skeptis. Dulu pas SMP punya tetangga orang padang yang tiap bulan dikirimin rendang aseli dari kampung halamannya. Rendangnya kering, ngga basah dan rasanya yang enak menjadi benchmark buat semua rasa rendang yang aku makan setelah itu (ya tebak aja deh kalo udah makan yang asli suka jadi males makan yang KW wkwk). Kenapa awalnya aku ngga pesen rendang di RM Surya pas kunjungan sebelumnya (malah pesen sate sama soto haha) adalah karena aku lihat rendangnya basah (ada bumbu minyak-minyaknya gitu ngga kering). Tapi ya aku berpikir aku harus coba lah, wong kata orang-orang enak kok. Pas pesen rendang dan coba makan ternyata memang...ENAK! Ngga ngerti gimana jelasinnya, tapi suer enak banget! Ibaratnya dagingnya abis, aku rela makan sama bumbunya doang deh! Biasanya aku kalo makan padang nasinya jarang habis, ini aku makan nasinya ludes, sayur nangkanya yang seporsi sendiri ludes, lalapan daun singkong dan buncisnya habis. Aku jadi mikir sendiri, mungkin yang tetangga aku itu rendangnya emang sengaja dikeringin biar awet dikirim dan disimpen, jadi bukan patokan standar kenikmatan dan ketepatan masak rendang (lagi-lagi sotoy). Oh iya seporsi nasi rendang cuman 22.000 aja, mantap.

Overall makan di Surya, puas banget! Yang kecewa hanya batokok, tapi 3 menu lain yang dicoba semua berhasil. Ada satu menu lagi di Surya yang penasaran pengen aku cobain tapi katanya cuman available di hari Jumat yakni Gulai Kurma. Katanya sih bukan kurma beneran digulein tapi entah apa, aku juga jadi penasaran. Yah siapa tau ada waktu hari Jumat aku sedang di ibukota kelaparan dan deket Benhil deh. Btw, kalo hari Jumat pas jumatan si Surya ini tutup sekitar jam 11-stgh 2 gitu buat Jumatan, jadi yang mau mampir coba makan siangnya ditunda rada sorean dikit atau brunch padang aja sekalia (haha ya keleess). Denger-denger kabar juga kalo bulan puasa si Surya tutup sebulan, ngga tau sih bener atau enggaknya, coba ditanya aja ke sana kalau kebetulan mampir yah, Guys.

Yang di Jakarta dan doyan Padang, boleh banget ke Jalan Benhil cari aja deh tuh RM Surya, tempatnya deket percetakan gede gitu. Oh iya aku entah jadi kepikiran mau jadi reviewer rumah makan padang kemaren ini...tapi aku batalkan sih takut kolesterol soalnya wkwkwk. Tapi kalo ada tempat makan Batokok enak lagi pastilah aku review (in fact udah ada 2 resto yang menyajikan Dendeng Batokok yang udah aku  jajal dan ngga sabar mau aku review). Akhir kata sekian review kali ini, selamat bulan Februari, selamat malam!

Lily

No comments: